• May 2010
    M T W T F S S
        Jun »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  
  • Pages

  • Blog Stats

    • 22,684 hits
  • Kategori

  • Koka

Allang Menuju Negeri Wisata

PENDAHULUAN

Negeri Allang yang di cintai sebagai Negeri Leluhur yang tetap segar dalam ingatan siapaun juga anak cucu Negeri yang ada di rantau di rindukan sebagai Negeri wisata, yang terbentang luas kurang lebih 250 km ², sebelah utara dibatasi laut Banda, sebelah timur berbatasan dengan Negeri Liliboi, sebelah barat berbatasan dengan Negeri Wakasihu, sebelah selatan berbatasan dengan Wilayah Negeri Wakasihu, memiliki jumlah penduduk kurang lebih 10.000 jiwa dengan potensi sumberdaya alam yang masih belum dikelola secara baik untuk kesejahteraan masyarakatnya, memliki objek wisata alam yang belum dikelola secara baik dan propesional untuk mendatangkan daya tarik wisata dan memiliki keunikan tersendiri ( pantai Pasir putih,tarap 99 dengan spelosnya, batu lubang hidung dengan kehasannya, pantai gedong dengan kehasannya, baileu dengan kehasannya). Terbentang pula unit-unit ekonomi dan bisnis yang belum ditata dengan baik, lingkungan social budaya yang juga belum dipedulikan secara berhasil guna, tersedia sumberdaya alam yang kaya,namun belum tercipta satupun produk yang mencirikan Kehasan negeri Allang (belum ada merek yang hass,missal merek pasir putih dll), kondisi mentalitas masyarakat menuju negeri wirata belum terbentuk dengan baik, kondisi lingkungan Negeri Allang secara keseluruhan belum tertata dengan baik menuju negeri wisata yang dicitakan, kondisi mentalitas bisnis para pelaku ekonomi dan bisnis belum terbentuk dengan baik, masyarakat secara umum belum menyadari pentingnya keamanan, kenyamanan, keindahan menuju negeri wisata.

TUJUAN :
Tujuan yang ingin dicapai adalah menjadikan Negeri Allang sebagai negeri wisata baik dari aspek sumber daya manusianya, aspek sosial budaya, aspek ekonomi dan bisnis, keamanannya,

PERMASALAHAN :
Untuk mencapai tujuan di atas, banyak masaalah yang di hadapi antara lain:
a. Dari aspek sumberdaya manusia : mentalitas masyarakat negeri Allang masih perlu dibina menjadi mesyarakat wisata, jiwa dan kepribadian pelaku usaha perlu dibina menjadi pelaku bisnis yang memiliki jiwa dan kepribadian sebagai seorang wirausaha yang unggul yang memiliki mentalitas bisnis
• Pembinaan mental
• Pendidikan kewirausahaan

b. Dari aspek sosial budaya : kehidupan social ma budaya masyarakat negeri perlu ditonjolkan agar dapat dijadikan icon budaya yang dapat diandalkan dalam kerangka menarik wisatawan baik local nasional maupun internasional
• Lestarikan sapaan (wate, uwa, memo,dll)
• Tari-tarian dan Nyanyian asal negeri yang ditonjolkan.
o Lomba pakaian adat negeri
o Lomba arombai tikang ikang
o Dll.
c. Aspek Ekonomi : Tatanan ekonomi masyarakat negeri perlu ditata secara baik sehingga kesejahteraan masyarakat negeri dapat ditingkatkan, baik mentalitas, manajemen bisnis, maupun produk andalan yang memiliki keunikan tertentu, perlu di tonjolkan agar dapat menjadi daya tarik
• Kewirausahaan
• Mentalitas bisnin
• Manajemen bisnis
• Perencanaan bisnis plan yang baik
• Pendampingan usaha.
d. Dari sisi keamanan wisata, mentalitas masyrakat negeri perlu ditingkatkan pembinaannya menuju masyarakat yang menjamin ketenangan, keamanan dan kenyamanan bagi siapa saja baik secara individu maupun kelompok.
Masaalah Pokok :
Bagaiman menjadikan Negeri Allang menjadi negeri wisata dari semua aspek.

KEGIATAN-KEGIATAN
A. Kegiatan Pembangunan Pariwisata
1. Objek Wisata
a. Renofasi trap-trap 99 menjadi objek wisata yang memiliki keunikan
b. Renofasi spelos menjadi objek wisata yang memiliki keunikan daya tarik wisata yang dapat dijual.
c. Penataan pasir putih, dll menjadi objek wisata yang memiliki keunikan dan daya saing yang tinggi
d. Pembuatan pagar hidup (penanaman Gadihu berbagai jenis) yang menarik dan unik (melibatkan seluruh masyarakat)
2. Manusia Wisata
a. Pembinaan mentalitas masyarakat negeri menjadi masyarakat wisata( sosialisasi, pelatihan, ceramah)
b. Penyiapan sajian seni dan budaya masyarakat menjadi objek dan daya tarik wisata ( pembentukan sanggar seni, latihan dll)
B. Kegiatan Pembangunan /Penataan ekonomi
1. Identifikasi jenis,bidang dan pelaku usaha yang sudah ada
2. Membuat segmentasi menurut jenis,bidang dan pelaku usaha
3. Menyusun strategi pengembangan;
a. Membuat pelatihan kewirausahaan dengan berbagai materi sesuai kebutuhan dan masaalah, dan peluang bisnis yang dihadapi para pelaku usaha ( penciptaan Produk dengan merek yang unik dan menarik, merk pasir putih dll)
b. Melatih bagaimana dapat membaca ataupun mencipta peluang bisnis melalui produk,produk yang memliki keunikan dan daya saing
c. Membuat pelatihan pembuatan business plan, proposal kredit/ study kelayakan bisnis yang bankable dalam rangka penguatan modal
d. Melakukan pendampingan usaha secara baik
C. Kegiatan pembangunan social budaya
1. Identifikasi masalah social budaya masyarakat negeri Allang saat ini
2. Pembinaan mentalitas Masyarakat dan pemuda negeri Allang
3. Penggalian dan seminar tentang Sejarah Negeri Allang
4. Loba tari sawat, katreji, tari lenso, tari ina yupu, arumbai tikang ikang.
5. Lomba pidato dalam bahasa Allang ( antar Soa dan wilayah Esupalaloi)
6. Kegiatan bakti social (Pengobatan Masal,babtis masal, nika masal, Lomba lingkungan bersih)
D. Kegiatan pembangunan / pembinaan mentalitas masyarakat
1. Identifikasi masaalah Keamanan masyarakat(Miras,Narkoba,Judi dll)
2. Pembinaan Mentalitas menuju masyarakat yang menjamin ketenangan, keamanan dan kenyamanan bagi siapa saja baik secara individu maupun kelompok, dengan pendekatan Agama, dan Ceramah tentang pengaruh Psikotrpika terhadap kesehatan jasmani dan rohani masyarakat dengan melibatkan :
• Kumpul semua Pendeta orang Allang untuk melakukan pastoral
• Ceramah dari Org Kesehatan
3. Kegiatan Malam IDOLA/ (Iman,Doa dan lagu ), Allang Bermasmur
• Per Weit (acamami, soapele, inpres, bandera, skoli, urbasa, wara, welmaho, namakoli, kamp. baru).
4. Penciptaan/penetapan peraturan adat tentang terjaminnya hidup aman, damai, tentram, dan nyaman

BIAYA :
Untuk mebiayai kegiatan- kegiatan dalam mencapai tujuan diatas, maka biaya diperoleh dari donotur, (anggaran dilampirkan)

LOKASI/TEMPAT KEGIATAN
Lokasi / tempat pelaksanaan seluruh kegiatan menuju Negeri Wisata adalah di Negeri Allang tempat bakumpul orang sudara

WAKTU PELAKSANAAN
Waktu pelaksanaan setiap kegiatan akan diatur kemudian sesuai jadwal yang akan ditetapkan (Mei s/d Desember Tahun 2010)

Panitia Perayaan Natal Allang Se-Dunia@2010

One Response

  1. Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: