• December 2016
    M T W T F S S
    « Nov    
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  
  • Pages

  • Blog Stats

    • 22,684 hits
  • Kategori

  • Koka

Logo Panitia

Penjelasan Logo Panitia Natal Allang se-Dunia

Logo Ini terdiri dari 3 Bagian Utama yaitu :  Segitiga atau Huruf A, Ikan dan Globe / Bola bumi.



Bentuk A atau       merupakan sebuah representasi dari Nama Allang melambangkan Alif atau Alfa yang artinya yang terutama atau yang pertama. Allang merupakan rumpun bangsa alifuru  (Alif artinya yang pertama, Uru artinya daerah / tempat / soa)

Simbol  tersebut juga mengandung Trinitas (Allah Bapa, Putra dan Roh Kudus)

Simbol tersebut tidaklah harus kaku tetapi harus hidup dinamis, mengandung arti  bahwa Allang berada di zaman moderen. Sebuah panji yang tengah berkibar layaknya sebuah bendera/layar.

Bendera  / Layar tersebut  terdiri dari sembilan susun warna merah dan delapan susun warna putih yang menyimbolkan Nama Negeri Allang itu sendiri yaitu Allane Patasiwa Uruwalu atau Allang Uruwalu Ulipatasiwa (Pata : rumpun / keluarga , Siwa : Sembilan  sehingga Patasiwa artinya Keluarga Sembilan) kemudian Uru :  daerah/ tempat/soa, Walu : Delapan sehingga Uruwalu artinya Delapan Soa.

Warna merah dan putih dipilih Karena Allang adalah bagian dari Negara Republik Indonesia.

Allang untuk dapat  mengrepresentasikan Allang sebagai negeri Religius  yang kental dengan ke Kristenan maka symbol yang dipakai adalah Simbol IKAN (warna merah dan biru paling bawah yang mengapit globe/bola bumi).  Karena ikan merupakan  symbol Jemaat mula-mula pada zaman penganiayaan. Jemaat mula-mula memakai kata IXEYS (baca  : iktus) berasal dari bahasa Yunani yang artinya Ikan.

Warna biru (paling bawah) dipilih untuk menghadirkan Allang terletak di tepi laut yang lebih terkenal dengan Tanjung Allang yang memiliki Ombak dan arus yang dahsyat.

Ikan memiliki mata yang bulat, bentuk bulat sama dengan bentuk bola. Untuk dapat mengkondisikan  sebuah perkumpulan atau persekutuan Anak cucu Allang  di seluruh dunia/global  maka dihadirkan bentuk globe atau bola bumi yang mengkedepankan background / latar  peta Nusantara (Sabang – Merauke) karena Lokasi negeri Allang terdapat di Pulau Ambon – Maluku – Indonesia.

Ada sinar kecil / cahaya bintang Daud  yang muncul dari Allang  (Pulau Ambon) yang menerangi seluruh bumi.

%d bloggers like this: